Dokumen Tidak Lengkap Sebanyak 329.000 Jamaah Haji Tidak Bisa Memasuki Mekah

7 August 2019
Berita

Gubernur Mekkah, Pangeran Khalid Al Faisal mengatakan ada 329.000 caloh haji tidak bisa memasuki kota suci Makkah. Hal ini dikarenakan kurangnya dokumen izin haji yang mereka miliki. Tidak hanya itu, lebih dari 144.000 kendaraan tanpa izin juga dilarang masuk kota. Sebanyak 15 pengemudi ditangkap karena diduga mengangkut jamaah haji illegal serta 181 biro haji palsu ditutup

Laman arabnews melansir bahwa Gubernur Makkah melakukan tindakan ini sebagai tindakan rutin setiap musim haji. Hal tersebut dilakukan guna mengatasi kemacetan yang sering terjadi saat perhelatan haji berlangsung. Pangeran Khalid menambahkan bahwa pemerintah Saudi telah mengerahkan lebih dari 350.000 orang dari berbagai sektor untuk melayani jamaah haji.

Sementara itu, Duta Besar Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi mengucapkan selamat kepada 20 orang Indonesia yang melakukan haji sebagai tamu dari Raja Salman. Mereka terdiri dari guru pondok pesantren, polisi, pimpinan organisasi Islam hingga jurnalis. Al-Thaqafi menambahkan bahwa undangan raja adalah tradisi tahunan yang diberikan kepada umat Islam di seluruh dunia. Indonesia memiliki kuota tertinggi di 231.000 peziarah tahun ini, kata duta besar.

Salah satunya adalah Yusuf Sobir Kasnawi, seorang polisi yang diundang bersama dengan istrinya. “Alhamdulillah, saya tidak pernah menyangka akan mendapat undangan ini. Selama ini, saya hanya melakukan pekerjaan saya sebagai direktur lalu lintas untuk memastikan lalu lintas berjalan lancar setiap kali ada tamu atau delegasi asing, termasuk dari Arab Saudi yang mengunjungi kota jakarta. Ini memang hadiah dari Tuhan, ”kata Yusuf kepada arabeews.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *