Doa Agar Disegerakan Melaksanakan Ibadah Haji

26 August 2019
Doa

Ibadah haji adalah ibadah yang bisa yang menjadi dambaan setiap muslim di seluruh dunia. Namun pada kenyaataannya tidak semua orang bisa menunaikannya. Rukun Islam kelima ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang mampu baik secara material, fisik, dan keilmuan. Allah berfirman dalam QS Ali Imran ayat 97:

 

وَلِلَّهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ إِلَيْهِ سَبِيلًا

 

“Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah.”

Kutipan ayat di atas menjelaskan bahwa haji adalah kewajiban setiap Muslim yang mampu. Kemampuan itu dibutuhkan ikhtiar bukanvhadir dengan sendirinya. Diperlukan adanya ikhtiar dan persiapan yang  matang.  Ibadah haji adalah ibadah yang membutuhkan biaya besar serta membutuhkan fisik yang kuat.  Untuk itu harus dibuktikan denhan kerja keras yang didorong dengan doa. S

Untuk mereka yang sedang berjuang demi keinginannya untuk menunaikan ibadah haji, Al Qur’an menyiapkan doa yang bisa membantu mereka agar terealisasi menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Berikut adalah doa agar disegerakan pergi haji yang dikutip dari laman bincangsyariah.com:

 

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ. رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

 

“Rabbana taqabbal minna innaka anta sami’ul alim rabbana waj’alna muslimaini laka wamin zurriyatina ummatam muslimatan laka wa’arina manasikana wa tub’alaina innaka anta tawwabur rahim.”

Artinya :

“Ya Tuhan kami semoga Engkau menerima (amalan ibadah kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *